Praktek Klinometer

SMKN 1 Maesan, Praktek klinometer, 18 Januari 2023

Maesan – SMKN 1. Untuk menambah wawasan dan kecintaan siswa-siswi SMK1 Maesan Bondowoso terhadap pelajaran matematika , maka kami melakukan pengukuran ketinggian suatu objek dengan menggunakan klinometer sederhana dibawah bimbingan Mafud Hadi W, S.Pd selaku guru Matematika, Kamis (19/01/2023) di Halaman SMKN 1 Maesan Bondowoso.

Rusdatul Hafizah memaparkan klinometer adalah media sederhana yang digunakan untuk mengukur ketinggian suatu objek dengan memanfaatkan sudut kemiringan/elevasi. ”Klinometer membantu siswa dalam pengaplikasian konsep trigonometri dalam kehidupan nyata,” katanya, dengan klinometer siswa dapat mengukur ketinggian tiang bendera, gedung, pohon, menara, dan lainnya tanpa perlu memanjat benda tersebut. ”Dengan mengetahui jarak antara objek dengan pengamat, tinggi pengamat dan sudut elevasinya, dapat diketahui tinggi objek dengan menggunakan rumus tan,

Saya berharap dengan praktek yang dilakukan, siswa lebih memahami tentang konsep trigonometri dan pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari.

Siswa-siswi SMKN 1 Maesan, Luluk Hidayati salah satu siswi mengaku senang mengikuti praktek tersebut. ”Dengan praktek saya lebih memahami perhitungan dan konsep trigonometri yang telah disampaikan bapak guru,” ujar Luluk.

Diakuinya, klinometer yang digunakan merupakan hasil buatannya sendiri bersama dengan kelompoknya. ”Kami memanfaatkan bahan sederhana seperti busur derajat, tali benang, bandul, dan paralon,” ujarnya.

Praktek pengukuran ketinggian suatu objek diikuti siswa dengan antusias dan semangat. Siswa secara bergantian menjadi pengamat dalam melakukan pengukuran bersama dengan kelompoknya masing-masing.

Hasil pengukuran sebagai berikut:

Tinggi anak = X

Jarak antara anak dengan benda obyek = Y

Sudut elevasi = α

Maka tinggi obyek = X + Y tan α